Kamis, 31 Januari 2013

Tugas Tentang Perencanaan Supervisor

Kuliah on Line Mata Kuliah Kepemipinan dan Teknik Supervisi
Kelas : DII Akademi Komunitas

TUGAS
1.   Buat kesimpulan materi diatas        jawab : seorang supervisor harus mengetahui  kemampuan serta  pengabdian karyawan terhadap perusahaan. Hal tersebut diperlukan agar supervisor lebih mudah untuk memberikan  tugas yang sesuai bagi karyawan.jika pemberian tugas tepat sasaran pada ahlinya maka akan mempercepat tercapainya rencana yang akan  dikerjakan. Selain harus mengetahui kemapuan karyawan,seorang supervisor  juga dituntut untuk mampu membuat perencanaan yang baik. Setiap perusahaan pasti memiliki target,untuk mencapai taget yang diinginkan perusahaan diperlukan perencanaan yang sangat tepat dan juga terperinci.
Perencanaan seorang supervisor  meliputi berbagai unsur-unsur yang sangat penting, diantaranya adalah: mengetahui apa yang diinginkan konsumen, setelah mengerti apa yang dibutuhkan konsumen maka   supervisor harus maencari tahu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan konsumen.penentuan standar kualitas dalam perencanaan dibutuhkan untuk  menentukan hasil yang akan diperoleh.
Pengelolaan waktu yang tepat dalam perencanaan,menjadi hal yang penting karena dengan perencanaan waktu yang tepat maka kecil kemungkinan untuk mengeluarkan biaya tambahan dalam perencanaan. Pengeluaran biaya dalam sebuah perencanaan harus diperhitungkan dengan sangat detail,jangan sampai anggaran biaya dalam perencanaan terbuang  tanpa ada manfaatnya.


2..    Kenapa seorang Supervisor harus membuat perencanaan dalam melakukan aktivitas  perusahaan ? Jelaskan secara detail
jawab :
alasan Supervisor harus membuat perencanaan dalam melakukan aktivitas perusahaan  sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pihak manajemen. Karena dalam sebuah perencanaan terdapat tujuan yang ingin diperoleh supervisor untuk kemajuan perusahaan baik dalam segi pemasukan perusahaan,peningkatan kualitas pelayanan dan juga peningkatan kualitas SDM. Dalam sebuah perencanaan juga terdapat kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Supervisor membutuhkan kerja sama dengan departemen lain yang lebih berkompeten.dengan adanya perencanaan maka supervisor dan perusahaan akan tahu siapa saja yang akan ikut bekerja sama.pendanaan dalam setiap kegiatan akan terpantau dengan jelas sehingga kecil kemungkinan untuk dilakukannya tindak korupsi dalam perencanaan tersebut.manajemen dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target,dan juga kualitas seperti apa yang akan tercapai nanti.

3.   Perencaan meruapan proses dalam manajemen. sebutkan dan jelaskan ruang ringkup dalam perencanaan
jawab :
supervisor memiliki tanggung jawab untuk menentukan kegiatan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan, dimulai dari penentuan S.O.P  yang sesuai dengan target perusahaan.setelah  menentukan S.O.P,  tahap selanjutnya adalah menginformasikan dan menerapkan S.O.P pada seluruh karyawan. Untuk meningkatkan kerja sama ada baik nya mengadakan kegiatan yang mampu  membangun hal tersebut. Dan untuk memberikan motivasi yang lebih, bisa menerapkan rewarding. Setelah semua kegiatan tersebut dilakukan, evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengukur  pencapaian target yang diinginkan. Pengawasan harus dilakukan terus menerus untuk menjamin tercapainya target perusahaan.


4.    Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor penyebab dalam perencanaan
jawab :
-Dengan  membuat rencana, kita tahu apa yang harus dilakukan
-kita bisa mengukur berapa lama perkiraan waktu untuk memperoleh  tujuan
-mengetahui apa yang kita butuhkan dalam mencapai tujuan
-menghitung seluruh kebutuhan yang diinginkan
-membuat rencana cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
-sebagai pertanggung jawaban secara tertulis kepada pihak manajemen ataupun pemilik perusahaan.

5.    Coba anda buat kasus proses tahapan dalam perencanaan Bidang Restoran (tugas supervisor restoran dalam meningkatkan kualitas pelayanan di restoran)
jawab :
Dalam meningkatkan pelayanan restoran seorang supervisor harus meningkatkan kualitas pelayanan di restauran dengan cara memberikan masukan kepada bawahannya. Supervisor memberikan perhatian yang tepat pada masing-masing departemen restauran. Seorang supervisor harus memberikan arahan kepada karyawan ( Brifing ) untuk memberikan tugas-tugas dan masalah-masalah yang harus di kerjakan untuk melakukan pekerjaan yang nantinya d kerjakan. Memberikan instruksi yang tepat.  Supervisor bertanggung jawab atas kegiatan karyawan restoran untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu dan senantiasa memberikan perhatian penuh terhadap bawahanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar