MATA KULIAH : Kepemimpinan dan Teknik
Supervisi
DOSEN : Murhadi, S.Kom, MM
D-2 PJJ SAHID
nama : fajri rahmadoni
nim : 2011111056
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.
a.
Apa yang anda ketahui tentang supervisi ?
jawab :
yang saya ketahui Supervisi adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pada umumnya dan oeningkatan mutu belajar pada khususnya
menurut arti Supervisi adalah merupakan ilmu seni dan keterampilan memanfaatkan upaya-upaya orang lain untuk menyelesaikan tugas (pekerjaan) yang menjadi tanggung jawab menuju sasaran yang akan dicapai dan juga sebagai rujukan untuk menilai kinerja mereka
jawab :
yang saya ketahui Supervisi adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pada umumnya dan oeningkatan mutu belajar pada khususnya
menurut arti Supervisi adalah merupakan ilmu seni dan keterampilan memanfaatkan upaya-upaya orang lain untuk menyelesaikan tugas (pekerjaan) yang menjadi tanggung jawab menuju sasaran yang akan dicapai dan juga sebagai rujukan untuk menilai kinerja mereka
b. Apa peran dan fungsi supervisor dalam organisi ? berikan contoh jawaban anda !
jawab :
* Peran penting seorang supervisor adalah sebagai
koordinator unit kerja. Untuk menjadi koordinator yang efektif, supervisor wajib memahami karakter pekerjaan
dan karakter sumber daya
yang dikelolanya. Persepsi yang bersifat objektif dengan
mempertimbangkan semua risiko, peluang, dan potensi keunggulan dari
semua sumber daya yang dikelola akan mendorong antusias supervisor untuk
selalu memperbaiki sikap dan perilaku dalam usaha menciptakan cara -
cara kerja yang efektif dalam menghasilkan kinerja terbaik. Setiap
supervisor harus selalu sadar bahwa jika dia ingin berprestasi menjadi
supervisor andal di tempat kerja, maka dia harus mampu mengubah persepsi
dan kualitas dirinya menjadi lebih efektif dengan pikiran dan tindakan
positif.
- Fungsi Supervisor
1. menyelesaikan masalah sebisa dia menyelesaikan tanpa harus atasan atau
manager yang menanganinya
2. penghubung antara staf dan manager
3. membantu tugas bawahan (staf)
4. tempat menampungnya keluhan dari tamu yang disampaikan melalui staf untuk disampaikan ke manager
** contohnya : supervisor
di housekeeping suatu hotel harus bisa mengkontroll anak buahnya supaya
bisa bekerja dengan teliti dan cepat, seperti halnya kita ingin anak
buah kita seperti itu akan tetapi kita tidak memberi mereka contoh how
to do it ?? menjadi supervisor yang baik dan ingin ditiru oleh anak
buahnya kita juga harus turun tangan untuk mentrain mereka untuk menjadi
lebih baik tidak hanya menyuruh-menyuruh mereka tetapi kita relaks
sedangkan anak buah tidak tahu apa yang disuruh akibatnya lambat,
complain,suasana kerja menjadi tidak
friendly..akibatnya anak buah banyak yang melawan seperti itu. itulah
tugas seorang supervisor, harus berpikiran antusias dan bertindak
positif
2.
Untuk menjadi Supervisor yang sukes
dalam memimpin anak buah diperlukan kemampuan dan ketrampilan, coba anda
jelaskan kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhan tersebut ?
jawab :
Supervisor harus memiliki tanggung jawab besar dalam organisasi/perusahaan, karena supervisor adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan anggota kelompoknya. Mereka memimpin, mengelola, menegur, mengarahkan, memberi contoh, berkomunikasi dan memotivasi. Kepemimpinan dan komunikasi merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang supervisor.
Supervisor harus memiliki tanggung jawab besar dalam organisasi/perusahaan, karena supervisor adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan anggota kelompoknya. Mereka memimpin, mengelola, menegur, mengarahkan, memberi contoh, berkomunikasi dan memotivasi. Kepemimpinan dan komunikasi merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang supervisor.
3.
a. Apa yang dimaksud dengan Perencanaan bagi Supervisor ?
Jelaskan
jawab : Perencanaan bagi Supervisor adalah Bagaimana seorang supervisor menjelaskan apa yang ingin dicapai (proyek) dengan usaha-usaha yang dilakukan dan tekad melaksanakan proyek tersebut dalam batas kualitas, biaya dan waktu
maksudnya ketika seorang manajer membuat rencana, supervisor dipaksa untuk melihat jauh ke depan, untuk meramalkan perubahan , memperkirakan efek dari perubahan tersebut dalam menyusun rencana untuk menghadapinya. Dengan rencana, karyawan dapat mengetahui harus bekerja sama, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perencanaan.
jawab : Perencanaan bagi Supervisor adalah Bagaimana seorang supervisor menjelaskan apa yang ingin dicapai (proyek) dengan usaha-usaha yang dilakukan dan tekad melaksanakan proyek tersebut dalam batas kualitas, biaya dan waktu
maksudnya ketika seorang manajer membuat rencana, supervisor dipaksa untuk melihat jauh ke depan, untuk meramalkan perubahan , memperkirakan efek dari perubahan tersebut dalam menyusun rencana untuk menghadapinya. Dengan rencana, karyawan dapat mengetahui harus bekerja sama, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perencanaan.
b. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam pembuatan perencanaan ! dan
buat kasus jawaban anda
jawab :
contohnya seperti
1. Penurunan kualitas pelayanan publik (teridentifikasi dari adanya keluhan pelanggan),
2. Berkurangnya kas perusahaan, biaya yang melebihi anggaran dan adanya penghamburan maupun inefisiensi dalam
suatu perusahaan atau organisasi serta terjadi penurunan pendapatan atau profit suatu perusahaan,
3. Ketidakpuasan pegawai (seperti misalnya adanya keluhan pegawai, produktifitas kerja yang menurun, dan lain
sebagainya), tidak terorganisasinya setiap pekerjaan dengan baik, dsb.
Usahakan hubungan antara manager dan bawahan harus baik dan terjaga. Sebisa mungkin ada hubungan dua (2) arah antara manager dan bawahan, bukan hubungan searah dimana manager terus-terusan memberi perintah kepada bawahan tanpa mau mendengar keluhan dan perasaan bawahannya.
Proses Perencanaan
a.
Langkah 1 :
Menentukan Sasaran Menetapkan sasaran proyek, manager harus mengetahui “apa” yang akan diinginkan oleh para konsumen
b.
Langkah 2 : Menentukan spesifikasi Kualitas Penetapan spesifikasi kualitas menjamin
bahwa hasil proyek akan bekerja secara
efektif dan sesuai dengan yang
dikendalikan. Spesifikasi kuliatas
ditentukan oleh konsumen
-
Apa yang dituntut untuk dilakukan dari
hasil proyek
-
Apa yang menjadi standar kinerja hasil proyek tersebut
-
Bagaimana hasil proyek itu akan diuji
dan diukur
-
Bagaimana tipe dari kualitas materi yang dituntut
c.
Langkah 3 : Menentukan dimensi waktu. Penentuan dimensi waktu adalah menentukan “waktu” yang
secepat mungkin untuk menyelesaikan
proyek dan mencatat dalam jadwal
proyek sehingga efektif dan efisien
d.
Langkah 4 : Menentukan dimensi biaya. Menetapkan anggaran dengan cermat untuk menjamin : tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah
sehingga proyek tidak berjalan dengan
baik
e.
Langkah 5 : Realisasikan rencana menjadi
tindakan nyata
f.
Langkah 6 : Monitoring pelaksanaan kegiatan
itu dengan perencanaan semula contohnya seperti
1. Penurunan kualitas pelayanan publik (teridentifikasi dari adanya keluhan pelanggan),
2. Berkurangnya kas perusahaan, biaya yang melebihi anggaran dan adanya penghamburan maupun inefisiensi dalam
suatu perusahaan atau organisasi serta terjadi penurunan pendapatan atau profit suatu perusahaan,
3. Ketidakpuasan pegawai (seperti misalnya adanya keluhan pegawai, produktifitas kerja yang menurun, dan lain
sebagainya), tidak terorganisasinya setiap pekerjaan dengan baik, dsb.
Usahakan hubungan antara manager dan bawahan harus baik dan terjaga. Sebisa mungkin ada hubungan dua (2) arah antara manager dan bawahan, bukan hubungan searah dimana manager terus-terusan memberi perintah kepada bawahan tanpa mau mendengar keluhan dan perasaan bawahannya.
4.
Apa yang anda ketahui tentang
komunikasi? Dan kenapa kemahiran dalam berkomuniasi bagi supervisor sangat
diperlukan, jelaskan !
Komunikasi adalah suatu kumpulan atau sistem individual yang berhierarki secara jenjang dan memiliki sistem pembagian tugas untuk mencapai tujuan tertentu.
Komunikasi adalah suatu kumpulan atau sistem individual yang berhierarki secara jenjang dan memiliki sistem pembagian tugas untuk mencapai tujuan tertentu.
Kenapa komunikasi sangat diperlukan
bagi seorang supervisor? Tentu saja jawaban saya YA. Karena seorang supervisor
tentunya memiliki bawahan guna merealisasikan gagasannya dalam rangka mencapai
tujuan perusahaan/operasional. Disinilah pentingnya kemampuan berkomunikasi
bagi seorang pemimpin, khususnya dalam usaha untuk mempengaruhi perilaku orang
lain.
5.
a.
Sebutkan dan jelaskan jenis komunikasi dalam organisasi !
b. Apa penyebab hambatan-hambatan komunikasi ? sertai jawaban dengan kasus yg anda alami
ditempat anda bekerja
b. Apa penyebab hambatan-hambatan komunikasi ? sertai jawaban dengan kasus yg anda alami
ditempat anda bekerja
jawab : Jenis-jenis komunikasi ialah...
a. Komunikasi ke atas
Merupakan pesan yang dikirim dari tingkat hirarki yang
lebih tinggi.
Contoh: dari ketua himpunan ke ketua bidang, atau dari
ketua panitia ke para pelaksana.
Contoh hambatan: sibuknya supervisor dalam mengawasi
operasional membuat sulitnya informasi yang ingin disampaikan oleh para staff
kepada supervisor/manajer.
b. Komunikasi ke bawah
Merupakan pesan yang dikirim dari tingkat hirarki yang
lebih tinggi ke tingkat yang lebih rendah.
Contoh: pesan dari direktur pada sekretaris, dari
ketua senat pada bawahannya.
Contoh hambatan: sulitnya mencari waktu yang tepat
untuk menyampaikan hal-hal kecil ditengah-tengah jam operasional.
c. Komunikasi lateral
Merupakan arus pesan antar sesama, ketua bidang ke
ketua bidang, anggota ke anggota.
Contoh hambatan: Lupa, teralihkan oleh masalah baru
membuat seseorang lupa untuk menyampaikan sebuah hal penting yang akan
disampaikannya ke sesama rekan kerja.
d. Kabar burung
Jika tiga jenis komunikasi diatas mengikuti pola
struktur formal di dalam organisasi, maka yang tergolong kabar burung tidak
mengikuti garis formal semacam itu. Sulit untuk melacak sumber asli penyampai
pesan.
Contoh hambatan: benar-benar tidak bisa mencegah
tersebar luasnya suatu informasi yang bahkan masih diragukan kebenarannya
disuatu departemen.
e. Kepadatan informasi
Banyaknya informasi yang diterima sehingga timbul
kesulitan untuk menentukan informasi mana yang dianggap lebih penting untuk
disampaikan terlebih dahulu. Mudahnya informasi dapat diterima dan disebarkan
membuat para pemberi pesan lupa bahwa informasi yang disampaikan butuh dicerna
terlebih dahulu dan itu membutuhkan waktu. Apalagi infromasi yang disampaikan
oleh atasan lebih banyak mengenai permasalahan daripada pemecahan.
Contoh hambatan: terlalu banyak yang ingin disampaikan
dan begitu banyaknya hal-hal yang harus dikerjakan sebagai karyawan membuat
penyampaian informasi/komunikasi tidak berjalan dengan lancar.
a. Atur kontak mata
Hal yang pertama yang dilakukan seorang pembicara yang baik adalah menatap lawan bicara dan mengambil jeda untuk memulai sebuah
pembicaraan. Ini merupakan salah satu cara yang membantu untuk menciptakan kesan baik pada lawan bicara.
b. Ekspresi wajah
Wajah merupakan cermin kepribadian individual. Ekspresi wajah mengungkapkan pikiran yang melintas pada diri seseorang. Misalnya : sebuah
senyum mengungkapkan keramah-tamahan dan kasih sayang; mengangkat alis mata menunjukan ekspresi heran; mengernyitkan dahi
menyampaikan ketakutan dan kegelisahan.
c. Postur tubuh
Setiap gerak-gerik tubuh saat berbicara mesti dikoordinasikan dengan kekuatan yang dapat ditangkap secara visual daripada secara verbal.
d. Selera berbusana
Busana memiliki tugas penting dalam menimbulkan kesan. Orang yang berbusana sesuai dengan struktur tubuh mereka nampak lebih menarik.
e. Respect
Yaitu sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan.
f. Emphaty
Empathi adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
g. Audible
Makna dari audible antara lain : dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik.
h. Clarity
Selain bahwa pesan harus dapat dimengerti dengan baik, maka yang terkait dengan itu adalah kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak
menimbulkan multi interprestasi atau berbagai penafasiran yang berlainan.
i. Humble
Sikap rendah hati. Sikap membangun rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang kita memiliki.
Untuk mencapai sebuah komunikasi yang efektif, perlulah kita membangun sebuah komunikasi yang nyaman dan menyenangkan agar
mendapatkan tujan yang diharapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar